Tanggul Jebol Banjir Bandang Terjang Mangkang Wetan

Wilayah Mangkang Wetan, Kota Semarang, tepatnya di Jalan Kauman RT 02 RW 03, mengalami banjir bandang pada Rabu (22/11/2017) sekitar pukul 17.30 WIB.

Banjir ini terjadi karena hujan deras yang turun seharian dan mengakibatkan Sungai Beringin meluap.

Tanggul setinggi lima meter dan rumah-rumah di sekitarnya pun hancur akibat banjir tersebut.

Seorang warga sekitar Sungai Beringin, Mualif, mengatakan, banjir melahap rumahnya sampai 1 meter dan menghancurkan sejumlah barang di dalam rumah.

BPBD Kota Semarang,BASARNAS,TNI – Polri , Tim Sarda serta DPU SDA TARU dan BBWS Pemali Juana sudah turun bersama masyarakat di lokasi.

Setidaknya 100 rumah terendam banjir setinggi 1 meter.

Hanya di RW 3 yang terkena banjir bandang. Sekitar 100 rumah terdampak dan terendam banjir setinggi 1 meter.

Banjir bandang tersebut merendam dan merusak sejumlah rumah warga.

Yang perlu dikhawatirkan itu kan banjir bandang membawa lumpur sehingga rumah-rumah warga pasti penuh lumpur setelah banjir bandang selesai.

Banjir bandang itu terjadi karena tanggul Sungai Beringin jebol akibat kelebihan debit air setelah diguyur hujan dari siang tadi.

BBWS Pemali Juana dan instansi terkait memperbaiki sementara tanggul yang jebol dengan menggunakan karung berisi pasir.

Menurut rencana, BPBD Kota Semarang,BASARNAS,TNI – Polri , Tim Sarda serta DPU SDA TARU , BBWS Pemali Juana dan masyarakat setempat akan membersihkan sisa lumpur di rumah-rumah warga pada Kamis (22/11/2017).

Hujan deras yang turun seharian ini mengakibatkan Sungai Beringin meluap dan terjadi banjir bandang. Banjir ini menghancurkan tanggul setinggi lima meter dan melahap rumah-rumah sekitar.