Restorasi Tampakan Hasil Rawa Pening Jadi Arena Lomba Daung POPNAS 2017

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia, Kamis (14/9), saksikan pertandingan final cabang olahraga Dayung Pekan Olahraga Pelajar Nasional ke XIV/2017 di Bukit Cinta Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Diikuti peserta dari 19 provinsi, kejuaraan olahraga dayung memperebutkan 14 medali emas, baik dari kelas Rowing Putra Putri 2000 meter maupun kelas Canno Putra 2000 meter. Dalam kunjungannya, Menteri Basuki berkesempatan menyerahkan medali kepada atlet yang menjadi pemenang.

Usai acara, Menteri Basuki mengendarai sendiri speedboat melakukan pengecekan langsung perkembangan restorasi Danau Rawa Pening yang dilakukan oleh Ditjen Sumber Daya Air melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana.

Ia tampak tenang mengemudi dari Bukit Cinta ke Sumurup selama hampir satu jam, sambil menikmati hawa sejuk Danau Rawa Pening dengan latar perbukitan dan gunung di sekitar Bawen – Semarang yang hijau.

Menteri Basuki mengatakan, dalam rangka mewujudkan ketahanan air disamping program pembangunan 49 bendungan baru oleh Kementerian PUPR, juga dilakukan pemeliharaan dan restorasi danau-danau sebagai tampungan air alami.

Menurut Menteri Basuki, Kementerian PUPR sejak tahun 2016 telah melakukan langkah pengendalian sedimentasi terhadap Danau Rawa Pening, yaitu berupa pengerukan danau dan pembangunan cek dam, pembuatan tanggul pembatas badan air danau, serta pengendalian gulma air dengan pembersihan eceng gondok secara rutin serta penetapan.