Menteri PU Resmikan 5 Proyek Waduk

lanang

Bersamaan dengan puncak Hari Air Dunia ke XXI, Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto meresmikan lima proyek infrastruktur terdiri dari waduk di Jawa Tengah.

Dia menjelaskan, waduk-waduk itu diperlukan untuk menampung air untuk mengantisipasi kekurangan air pada saat kemarau. Selain itu, juga untuk mengendalikan banjir, penyediaan air baku untuk minum dan irigasi.

“Sumber air kita dari sungai, airnya kita manfaatkan. Kenyataanya sekarang kita kelebihan air, pada kemarau kita kekurangan,” kata Djokir saat ditemui di Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/5/2013).

Beberapa proyek yang diresmikan di antaranya merupakan rehabilitasi dari fungsi lamanya yang telah terkikis.

Proyek-proyek yang diresmikan itu adalah rehabilitasi Bendung Simongan di Semarang sebesar Rp 260 miliar, pembangunan Bendung Lanang di Kabupaten Grobogan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian Pekerjaan Umum Pemali – Juana senilai Rp 79 miliar.

Pembangunan Bendung Cijalu senilai Rp 16,01 miliar dan rehabilitasi Bendung Cileumah di Kabupaten Cilacap oleh BBWS Citanduy senilai Rp 18,84 miliar, serta pembangunan Bendung Slinga, Desa Slinga, Kecamatan Kali Gindang Kabupaten Purbalingga oleh BBWS Serayu – Opak senilai Rp 49,99 miliar, totalnya Rp 424 miliar.

Share This Post

Recent Articles