BPBD Demak Tinggikan Tanggul Sungai Dombo

DEMAK–  Penanganan darurat tanggul kanan dan kiri Sungai Dombo di Desa Dombo, Kecamatan Sayung, Demak hingga kemarin terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Demak. Petugas BPBD yang dibantu relawan Glagahwangi dan masyarakat sekitar bahu-membahu bekerja bakti melakukan peninggian tanggul dengan karung yang diisi tanah padas.

Kepala Pelaksana BPBD Demak, Agus Nugroho LP, melalui Kasi Kedaruratan, Suprapto mengatakan, peninggian tanggul dilakukan sepanjang 700 meter yang tersebar di 4 titik. “Untuk penanganan darurat ini kita sudah menghabiskan 1.000 karung,”katanya, kemarin.

Menurutnya, penanganan tanggul ini juga dibantu petugas Koramil Sayung serta aparat desa kurang lebih 200 orang.

Seperti diketahui, peninggian tanggul ini untuk mengantisipasi banjir di wilayah Sayung yang berlangsung dalam sebulan terakhir. Air luberan Sungai Dombo tersebut merendam permukiman warga serta tanaman padi milik masyarakat sekitar. Akibatnya, aktivitas warga sehari-hari cukup terganggu dengan banjir yang juga merendam Pasar Sayung tersebut.

Kepala Desa Sayung, Munawir, menambahkan, untuk mengatasi banjir itu, siang dan malam warga terus berjaga dan bekerja untuk meminimalisasi banjir kiriman dari luapan Sungai Dombo Sayung.

“Kita sebelumnya juga sudah mendatangi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Juana Pemali di Pedurungan Semarang. Kita sampaikan keluhan warga akibat dampak banjir dari Sungai Dombo tersebut. Kita berharap, ada penanganan yang lebih komprehensif agar di kemudian hari tidak terjadi banjir lagi,”ujarnya.